Pages

Monday, December 3, 2012

KONVERGENSI TEKNOLOGI

CONTOH NYATA KONVERGENSI TEKNOLOGI DI INDONESIA


Tidak bisa kita pungkiri lagi, bahwa keberadaan Teknologi Digital akan berperan besar dalam meningatkan layanan apapun yang diperlukan masyarakat. Antara lain memfasilitasi berbagai kegiatan seperti komunikasi, bisnis, akademis, dan sebagainya. Shepard (2002) mengemukakan tiga pilar fenomena konvergensi telekomunikasi, yaitu konvergensi teknologi, konvergensi perusahaan, dan konvergensi pelayanan (service).  Disini saya akan membahas tentang Konvergensi Teknologi dan contoh nyata konvergensi teknologi di Indonesia.


Konvergensi Teknologi adalah penggabungan dua buah hal berbeda yaitu mencakup teknologi dan non-teknologi. Konvergensi teknologi juga menunjukkan bahwa pengaruh internet masih terus ada, semakin maju dan berkembang. Disini Konvergensi Teknologi disebut sebagai makanisme fasilitasi karena digitalisasi teknologi merupakan pintu gerbang utama untuk membuka peluang bagi perkembangan bentuk konvergensi lainnya, seperti konvergensi perusahaan dan pelayanan.





Dibawah ini beberapa contoh nyata Konvergensi Teknologi di Indonesia :         
      • Pendaftaran Mahasiswa dengan media online

Dengan adanya sistem online ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi panitia pendaftaran siswa baru dalam mengolah data, mengambil keputusan, dan menginformasikan kepada publik. Pendaftaran cukup dengan mengakses aplikasi sistem pendaftaran ini dalam bentuk website dan mengikuti petunjuk yang ada. Hal ini juga menguntungkan bagi para calon siswa, karena proses registrasi pendaftarannya dilakukan dalam bentuk website dengan sistem komputasi yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

      • Adanya E-Banking


E-banking dapat di definisikan sebagai jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronis seperti komputer/PC, laptop, PDA, ATM, atau telefon. 

      • Adanya TV Streaming

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan komunikasi, masyarakat bisa menonton siaran televisi secara online. TV streaming merupakan media komunikasi yang memanfaatkan teknologi internet sehingga masyrakat bisa menonton siaran televisi di komputer dengan mudah tanpa harus menonotn dengan pesawat televisi .

      • Adanya Teknologi Kamera
                      Dengan memadukan teknologi pengambilan dan penyimpanan gambar secara optis        
                     dan digital dalam kamera, yang terlihat pada teknologi kamera foto dan kamera video.

      •  Adanya Teknologi Telepon

Ditingkatkannya kemampuan jaringan telepon dengan penggunaan sinyal digital dan serat optik sehingga jaringan PSTN dapat dijadikan Intelligent Network (IN) dan memberikan layanan Integrated Service Digital Network (ISDN).



       Dilihat dari beberapa contoh diatas, terlihat bahwa penerapan konvergensi teknologi di Indonesia sangatlah berperan penting dalam kehidupan. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan adanya konvergensi teknologi, antara lain dalam bidang komunikasi, bisnis, akademis, dan sebagainya. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang teknologi digital mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Danke :)



Sumber :










0 komentar:

Post a Comment